Kamis, 28 Juli 2011

BISMILAH

Assalamualaikum...
Apa kabar sob?semoga masih dalam keadaan sehat walafiat,amin kali ini aku akan menceritakan sebuah kisah yang aku ambil dalam sebuah kumpulan kisah-kisah islami,yaitu:Hikmah dibalik membaca BISMILLAH,diriwayatkan:

Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik dan tidak mahu mengerjakan kewajiban agama dan tidak mahu berbuat kebaikan. Perempuan itu sentiasa membaca Bismillah setiap kali hendak berbicara dan setiap kali dia hendak memulai sesuatu senantiasa didahului dengan lafadz Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap isterinya itu dan sentiasa memperolok-olokkan isterinya.

Suaminya berkata sambil mengejak, "Apalah engkau ni selalunya Bismillah, Bismillah. Sebentar-sebentar Bismillah."

Isterinya tidak berkata apa-apa sebaliknya dia berdoa kepada Allah S.W.T. supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Suatu hari suaminya berkata : "Suatu hari nanti akan aku buat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu."
Untuk membuat sesuatu yang memeranjatkan isterinya, dia memberikan wang yang banyak kepada isterinya dengan berkata, "Simpan duit ini." Isterinya mengambil duit itu dan menyimpan di tempat yang aman, di samping itu suaminya telah mengetahui dimana istrinya menyimpan duit tersebut. Kemudian dengan diam-diam suaminya itu mengambil duit tersebut dan membuang wadah tempat menyimpan uang tersebut ke perigi dibelakang rumahnya.

Setelah beberapa hari kemudian suaminya itu memanggil isterinya dan berkata, "Mana uang yang aku berikan kepada engkau dulu,coba bawa sini."

Kemudian isterinya pergi ke tempat dia menyimpan duit itu dan diikuti oleh suaminya dengan berhati-hati dia menghampiri tempat dia menyimpan duit itu dia membuka dengan membaca, "Bismillahirrahmanirrahiim." Ketika itu Allah S.W.T. menghantar malaikat Jibrail A.S. untuk mengembalikan duit yang telah diambil suaminya secara diam-diam itu ketempatnya semula,kemudian sang istri mengambilnya dan menyerahkan duit itu kepada suaminya kembali.

Alangkah terperanjat suaminya, dia merasa bersalah dan mengaku segala perbuatannya kepada isterinya, ketika itu juga dia bertaubat dan mulai mengerjakan perintah Allah, dan dia juga membaca Bismillah apabila dia hendak memulai sesuatu pekerjaan.

Dari kisah diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai seorang muslim hendaknya kita senantiasda mengingat Allah dalam setiap langkah dan perbuatan yang akan kita kerjakan agar mendapat lindungan dan hidayah dari-NYa

10 PENGHALANG KESUKSESAN 
 Assalamualaikum...
 Untuk kali ini Aku mau sedikit berbagi tentang sepuluh jenis penyakit yang bisa menghalang-halangi kita dalam meraih sebuah kesuksesan/keberhasilan dalam meraih sebuah impian ataupun target yang sudah kita tetapkan untuk kita capai,Antara lain:

1. MENYALAHKAN ORANG LAIN

Menyalahkan orang lain adalah cara pemikiran orang primitif. Di pedalaman Afrika, kalau ada orang yang sakit, yang di fikirkan adalah: Siapakah yang menyihirnya ? Selalu”siapa” Bukan”apa” penyebabnya. Bidang kedokteran modern selalu mencari “apa” penyebabnya, bukan “siapa”. Jadi kalau kita berfikir menyalahkan orang lain, itu sama saja dengan sikap
kaum primitif dan kekanak-kanakan. Kenapa ? Anak-anak selalu tidak pernah mahu disalahkan. Kalau ada piring yang jatuh,dia akan berkata” Adik itu yang salah”, atau sebagainya.Kalau kita manusia yang berakal dan dewasa tentunya akan mencari sebab terjadinya sesuatu.

2. MENYALAHKAN DIRI SENDIRI

 Menyalahkan diri sendiri,maksudnya: bahwa dirinya merasa tidak mampu untuk melakukan atau mencapai sesuatu.Mungkin anda pernah berfikir seperti ini:”Ah, orang itu bisa, orang itu kaya, orang itu dapat naik pangkat dan sebagainya, Lihat saya ini apa ?, wah saya tidak bisa  jadi seperti dia. Dia punya ijazah,sedangkan saya hanya ...... Dia mempunyai banyak waktu, sedangkan saya sibuk, sudah pasti tidak bisa”,dan lain sebagainya. Penyakit ini seperti kanker, bertambah besar, besar di dalam mental diri sehingga bisa mencapai “improper guilty feeling”. Penyakit ini perlahan-lahan bisa membunuh kita. Merasa “inferior”, kita tidak mempunyai kemampuan. Kita sering membandingkan keberhasilan orang lain dengan kekurangan kita, sehingga kesuksesan orang lain dianggap wajar kerana mereka mempunyai suatu kelebihan yang kita tidak punya.


3. TIDAK PUNYA CITA-CITA

Kita sering terbelenggu dengan kesibukan kerja, tetapi kadang-kadang tak tahu untuk apa dan mengapa kita kerja.Sebaiknya kita selalu mempunyai target kerja dengan milestone. Buatlah target jangka panjang dan jangka pendek secara tertulis. Kalau “GOAL” kita hanya untuk “FUN”, bagi mengisi waktu saja, hasilnya cuma biasa-biasa saja,namun jika kita dapat mencapai target kerja yang kita tetapkan sebelumnya kita pasti akan merasa ada kebahagiaan tersendiri.jadi pastikan kita mempunyai sebuah cita-cita dan tentukan target dan langkah-langkah untuk meraih cita-cita tersebut.

4. MEMPUNYAI CITA-CITA, TAPI SALAH MENCAPAINYA

Biasanya dialami oleh orang yang tidak “teachable”. Goalnya salah, fokus kita juga salah, jalannya juga salah, arahnya juga salah. Ibarat seorang yang mahu kaya,lalu dia pergi merampok bank yang akhirnya di tangkap polisi dan di penjarakan.

5. MENGAMBIL JALAN PINTAS,{ SHORT CUT }

Kesuksesan tidak pernah dicapai dengan jalan pintas. Jalan pintas tidak akan membawa orang kepada kesuksesan yang sebenarnya, “real success”, kerana dia tidak mengikuti proses. Kalau kita menghindari proses, kesuksesan yang di capai tidaklah sempurna.

6. MENGAMBIL JALAN TERLALU PANJANG, TERLALU SANTAI

Analoginya begini : Kapal terbang untuk bisa melakukan take-off, harus mempunyai kecepatan minimum. Misalnya:Pesawat Boeing 737, untuk melakukan take-off, memerlukan kecepatan minimum 300 km/jam. Jikalau kecepatan dia cuma 50 km/jam, manakah mungkin bisa  pesawat tersebut melakukan take-off.

7. MENGABAIKAN HAL-HAL YANG KECIL

Dia mahunya yang besar-besar saja, yang hebat, tetapi hal-hal kecil tidak dilakukannya. Dia lupa bahwa struktur bangunan yang besar, pasti ada komponen yang kecilnya.Intinya jangan Mengabaikan hal-hal kecil untuk bisa meraih sesuatu yang lebih besar.

8. TERLALU CEPAT MENYERAH

Janganlah anda berhenti kerja pada waktu percobaan selama 3 bulan. Bukan membuat kesalahan yang menjadikan seorang itu gagal akan tetapi berhenti pada tempat yang salah, jika kita membuat kesalahan, kita masih bisa memperbaikinya tetapi jika kita berhenti di tempat yang salah kita akan menyesal.

9. BAYANG-BAYANG MASA LALU

Kita selalu dipenuhi oleh kenangan kan? Apa yang kita lakukan, masuk memori kita, minimal sebagai pertimbangan kita untuk melakukan langkah kita berikutnya. Apalagi kalau kita pernah gagal, tidak berani untuk mencoba lagi. Ini berkaitan dengan penyakit nomor 3. Kegagalan sebagai akibat bayang-bayang masa lalu yang tidak terselesaikan dengan semestinya. Itu bayang-bayang negatif. Kenangan kita kadang- kadang sangat membatasi kita untuk maju ke depan. Kita kadang-kadang lupa bahawa hidup itu maju terus. “Waktu” itu terus berjalankan? Semuanya berjalan, hidup kita pun terus berjalan juga. berlari saja ke depan, kalaupun harus jatuh, pastikan jatuh ke depan. Orang yang berhasil, pasti pernah gagal.Jadi pastikan bayang-bayang masa lalu jangan pernah menghambat perjalanan kita untuk meraih sesuatu.

10. MUDAH PUAS HATI  DENGAN KEBERHASILAN

Biasa disebut “Pseudo Success Syndrome”. Kalau anda pernah berhasil mencapai suatu target kecil, terus berhenti, tidak kemana-mana lagi. Sudah puas dengan kesuksesan kecil tersebut. Napoleon pernah menyatakan: “Saat yang paling berbahaya datang bersama dengan kemenangan yang  besar”. Itu saat yang paling berbahaya, karena saat itu orang lupa dan mabuk kemenangan. Jangan terjebak dengan keberhasilan yang kecil, kerana kita akan terlepas sasaran yang lebih besar, sasaran yang jauh. Jangan berpuas diri, jangan jadi sombong, terus takabur.

Akhirnya marilah kita bersama-sama untuk coba mencegah dan mengobati Sepuluh jenis penyakit yang menghalangi kesuksesan  agar kita dapat mencapai apa yang kita cita-citakan di dunia dan lebih-lebih kesuksesan diakhirat kelak….amin,
Wassalam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar